Kelurahan Taman tahun 2022 mengikuti program Kelurahan Cantik yaitu Kelurahan Cinta Statistik bersama dengan 9 (sembilan) keluahan yang ada di Kota Madiun sebagai binaan dari Badan Pusat Statistik di Kota Madiun. Dalam hal Penerapan pelaksanaan Kelurahan Cinta Statistik Kelurahan Taman berkesempatan untuk memberikan sharing best practice diwakili oleh Sdr. Dewi Ratna Indah S,S.IP,M.Si (Lurah Taman) bersama Sdr. Emy Vidayanti, SST dari BPS Kota Madiun di LPPL Radio Suara Madiun FM.

Kegiatan Sharing Best Practice ini membahas tentang manfaat pentingnya pengetahuan pengelolaan statistik untuk Perangkat Kelurahan dalam mewujudkan Prodeskel Kelurahan yang meliputi Sumber Daya Manusia, Sumber Daya Ekonomi dan Sumber Daya Pertanian, membahas tehnik pengumpulan data dan kendala, serta membahas cara mentabulasi data serta kemanfaatan setelah data terbangun. Pengumpulan Data Kelurahan Cantik di Kelurahan Taman dilakukan oleh 23 (dua puluh tiga) relawan data dengan target jumlah 51 RT dan 15 RW. Pelapran pengumpulan data dilakukan setiap hari dengan jadwal laporan per jam 09.00 WIB dan 17.00 WIB. Sedangkan jadwal desk evaluasi data dilakukan setiap RT yang terkumpul untuk dilakukan pemeriksaan kesesuaian data.

Kegiatan Desk yang dilakukan oleh Kelurahan Taman dengan Relawan Data Kelurahan Cantik

Beberapa inovasi yang juga dilakukan oleh Kelurahan Taman yang merupakan bentuk pemanfaatan data kelurahan cantik adalah penggunaan data SDM untuk source data penduduk di layanan PECEL TUMPANG. Dengan adanya source data penduduk dari Kelurahan Cantik ini memudahkan warga untuk mengajukan layanan secara online hanya dengan mengisikan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan dapat melihat riwayat pengajuan layanan melalui aplikasi PECEL TUMPANG. Selain dari kemanfaatan data terus akan digunakan untuk menyusun Prodeskel Kelurahan guna mengetahui potensi yang ada di wilayah kelurahan Taman. Dengan harapan dengan adanya data yang valid akan potensi yang ada di kelurahan Taman maka kelurahan akan merencanakan pembangunan wilayah Taman secara lebih baik dan tersistematis.

Pengumpulan data melalui kuesioner yang diisi melalui google form kepada warga
Desk Kasi pemerintahan kelurahan Taman bersama relawan kelurahan Cantik

ayo dukung kelurahanmu untuk menjadi Kelurahan Cantik

Maju bersama membangun negeri dengan data

By admin