Pengabdian Masyarakat dari Alumni Fakultas Kedokter Unair Tahun 1985 di Kelurahan Taman mempioritaskan pelayanan kepada masyarakat yang mempunyai anak dalam kategori stunting. Kegiatan ini memberikan edukasi kepada ibu-ibu tentang apa itu stunting, bagaimana cara mengatasi dalam pemberian gizi sampai dengan pengukuran yang tepat kepada balita agar tidak terjadi kekeliruan dlam pengukuran yang menyebabkan anak masuk kategori stunting.

Acara sharing dengan berbagai dokter spesialis ini dimanfaatkan oleh ibu-ibu balita untuk menyampaikan permasalahan dan kendala dalam menghadapi anak-anak stunting. Profesor Madarina dan beberapa dokter spesialis lainnya memberikan suport dan semangat kepada ibu-ibu balita untuk selalu memperhatikan pertumbuhan badan anak dan rutin melakukan penimbangan di posyandu balita. Pendek belum tentu stunting, dan pendek belum tentu bodoh tegas Profesor Madarina dalam acara sehingga perlu menjadi warning bagi kita semua bahwa anak stunting bisa bertumbuh dan mempunyai kesempatan yang sama dengan anak-anak lainnya.

Praktek pengukuran panjang badan yang benar dengan posisi tidur
kegiatan pengukuran tinggi badan berdiri

Dalam Kesempatan ini juga Kepala Dinas Kesehatan Kota Madiun yang juga merupakan leading sektor kegiatan ini menyampaikan beberapa program pemerintah Kota Madiun yakni WARUNG STOP STUNTING untuk menekan angka stunting di Kota Madiun. Dengan bantuan penyediaan makanan siap santap, paket susu, telor omega 3, beras, biskuit anak, sayuran organik dan buah-buahan yang diberikan kepada anak-anak setiap minggu selama 9 (sembilan) minggu.

Alumni Fakultas Kedokteran UNAIR Tahun 1985
Bersama Tim Dinas Kesehatan Kota Madiun

By admin